Senin, 09 Desember 2013
Apa itu UML ?
UML singkatan dari Unified Modelling Language. UML adalah salah satu bentuk bahasa, menurut pencetusnya UML di definisikan sebagai bahasa visual untuk menjelaskan, memberikan spesifikasi, merancang, membuat model, dan mendokumentasikan aspek-aspek dari sebuah system.

UML adalah metode pemodelan secara visual sebagai sarana untuk merancang dan atau membuat software berorientasi objek, karena UML ini merupakan bahasa visual untuk pemodelan bahasa berorientasi objek, maka semua elemen dan diagram berbasis pada paradigma object oriented.
UML adalah salah satu tool model untuk merancang pengembangan software yang berbasis object oriented. UML sendiri juga memberikan standar penulisan sebuah sistem blue print, yang meliputi konsep bisnis proses, penulisan kelas - kelas dalam bahasa program yang spesifik, skema database, dan komponen - komponen yang diperlukan dalam sistem software.

UML sebagai sebuah bahasa yang memberikan vocabulary dan tatanan penulisan kata-kata dalam ‘MS Word’ untuk kegunaan komunikasi. Sebuah bahasa model adalah sebuah bahasa yang mempunyai vocabulary dan konsep tatanan / aturan penulisan serta secara fisik mempresentasikan dari sebuah sistem.
UML adalah sebuah bahasa standar untuk pengembangan sebuah software yang dapat menyampaikan bagaimana membuat dan membentuk model-model, tetapi tidak menyampaikan apa dan kapan model yang seharusnya dibuat yang merupakan salah satu proses implementasi pengembangan software.
UML tidak hanya merupakan sebuah bahasa pemograman visual saja, namun juga dapat secara langsung dihubungkan ke berbagai bahasa pemograman, seperti JAVA, C++, Visual Basic, atau bahkan dihubungkan secara langsung ke dalam sebuah object-oriented database.
Begitu juga mengenai pendokumentasian dapat dilakukan seperti; requirements, arsitektur, design, source code, project plan, tests, dan prototypes.
Untuk dapat memahami UML membutuhkan bentuk konsep dari sebuah bahasa model, dan mempelajari 3 (tiga) elemen utama dari UML, seperti building block, aturan-aturan yang menyatakan bagaimana building block diletakkan secara bersamaan, dan beberapa mekanisme umum (common).

Konsep Dasar UML
untuk dapat memaami UML diperlukan pemahaman tenttang konsep bahasa pemodelan dan tiga elemen utama UML. tiga elemen utama UML antara lain 
· Buiding Bloks
Building bloks ini terdapat beberapa bagian
· Benda / Things / Objek
Objek merupakan bagian paling statik dari sebuah model, yang menjelaskan elemen – elemen lainnya dari sebuah konsep. Bentuk dari beberapa objek, yaitu:
Classes, sekelompok dari object yang mempunyai atribute, operasi, dan hubungan yang semantik
Interfaces, antar-muka yang menghubungkan dan melayani antar kelas dan atau elemen dan mendefinisikan sebuah kelompok dari spesifikasi pengoperasian
Collaboration, interaksi dari sebuah kumpulan kelas – kelas atau elemen – elemen yang bekerja secara bersama – sama.
Use cases, pembentuk tingkah laku objek dalam sebuah model serta di realisasikan oleh sebuah collaboration.
Nodes, bentuk fisik dari elemen – elemen yang ada pada saat dijalankannya sebuah system


Pengertian dari CRC
Kegunaan CRC (Class Responsibility Collaboration) adalah kartu yang digunakan untuk menangani class dan interaksi/hubungan antar class tersebut. CRC juga dapat dibuat secara manual seperti memo untuk lebih memudahkan dalam fleksibilitas atau juga dapat dibuat menggunakan komputer. CRC dapat dibuat secara interaktif artinya ada daya tarik antara user dengan CRC yang kita buat, dengan melibatkan beberapa analis yang dapat bekerja sama dalam identifikasi class dalam domain permasalahan yang diajukan oleh sang bisnisman atau yg memeliki keperluan.

0 komentar:

Chat With Me

Visitor

hit counter
http://www.dreambingo.co.uk/