Selasa, 01 Oktober 2013
Denormalisasi merupakan proses yang dilakukan pada database yang sudah dinormalisasim dengan cara memodifikasi struktur tabel dan mengabaikan kerangkapan data (yang terkontrol) untuk meningkatkan kinerja database.
Denormalisasi database adalah pelanggaran aturan normalisasi atau menjabarkan suatu tataan database yang telah normal untuk meningkatkan performa pengaksesan data pada database. Database yang telah normal disini dimaksudkan database yang redundansi datanya minim sehingga daya yang disimpan tidak mengalami kerancuan dalam proses pengaksesan.

Tahapan Dalam Denormalisasi Data
Denormalisasi dapat mengguanakan dua cara yaitu :
  • Dengan kolom baru pada tabel / menggabungkan kolom pada tabel satu dengan yang lain.
  • Dengan pembuatan tabel baru
cara yang pertama dilakukan apabila data yang didenormalisasi hanya kecil dan digunakan untuk mempermudah pengaksesan data apabila diakses dalam satu tabel. Sedangkan yang kedua dilakukan apabila data yang terdapat dalam tabel tersebut merupakan rangkuman / rekapitulasi dari satu atau beberapa tabel yang pengaksesannya terpisah dari tabel yang ada.
Contoh Penerapan Denormalisasi Data

Atribut Turunan
dari contoh diatas bagaimana jika data mahasiswa sangat banyak sedangkan proses untuk menampilkan jumlah matakulah, jumlah sks ataupun IPK sering dilakukan, pastinya akan memerlukan waktu yang banyak. maka dari itu perlu ditambahkan atribut baru pada tabel mahasiswa (total_sks, total_matkul, ipk).

Perbedaan Database dan Data Warehouse
Data ware house merupakan suatu sistem yang mengkonsolidasikan data secara periodik dari sistem - sistem yang ada (OLTP) ke dalam suatu penyimpanan dimensional. Pada umumnya, data warehouse menyimpan data histori beberapa tahun dan di query untuk keperluan business inteligence atau aktifitas analisis lainnya. Data warehouse diremajakan secara batch, tidak serta - merta setiap terjadinya transaksi pada sistem - sistem sumber tersebut. Dan Database yang merupakan semua informasi yang tersimpan di kelompokan berdasarkan subyek tertentu.

0 komentar:

Chat With Me

Visitor

hit counter
http://www.dreambingo.co.uk/