Kamis, 10 Oktober 2013
Interaksi Komputer dan manusia adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara komputer dan manusia yang biasa terjadi pada user interface dimana termasuk interaksi dengan software dan hardware.
Tujuan utama dari Interaksi komputer dan Manusia adalah untuk memperbaiki interaksi antara komputer dan manusia dengan membuat komputer lebih bermanfaat sesuai dengan keinginan pengguna. lebih spesifik lagi, interaksi komputer dan manusia terkait dengan :
  • Metode dan proses untuk mendesain interfaces
  • Metode untuk mengimplimentasikan interace
  • Teknik untuk mengevaluasi dan membandingkan interface
  • Mengembangkan interface yang baru dan teknik interaksi
  • Mengembangkan gambaran dan prediksi dari model serta teori interaksi
Usability

Usability adalah sebuah atribut yang merujuk kepada seberapa mudah sesuatu digunakan. Lebih sepesifik lagi, merujuk kepada seberapa cepat seseorang belajar untuk menggunakan sesuatu, seberapa efisien penggunaannya, sebarapa lama dapat diingat, berapa kesalahan yang dilakukan, dan berapa lama seseorang suka untuk menggunakannya (Jakob Nielses Prioririzing Web Usabiliti). Adapun tujuannya adalah :
  • efektif digunakan
  • efisien digunakan
  • aman diguanakan
  • punya utility yang baik
  • mudah dipelajari
  • mudah diingat bagaimana menggunakannya
Usability didefinisikan melalui lima komponen yaitu :
  1. Lernability
    Learnability menjelaskan tingkat kemudahan penggunaan untuk memenuhi task-task dasar ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.
  2. Effeciency
    Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan tassk-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan
  3. Memorability
    Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.
  4. Errors
    Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara memperbaiki error.
  5. Satisfaction
    Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.
Menurut Jakob Nielsen dalam bukunya Prioritizing Web Usability terdapat dua belas hal yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah website, yakni :
  1. Nothing to Hide
  2. The Web User Experience
  3. Revisiting Early Web Usability Findings
  4. Prioritizing Your Usability Problems
  5. Search
  6. Navigation and Information Architecture
  7. Readability & Legibility
  8. Writing for the Web
  9. Prividing Good Product Information
  10. Presenting Page Elements
  11. Balancing Technology with People's Need
  12. Design That Work
Tujuan Antar Muka (Interface) Pengguna

  1.  Menyesuaikan antar muka pengguna dengan tugas
  2. Membuat user interface menjadi efisien
  3. Memberikan arus balik yang tepat kepada pengguna
  4. Memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan
  5. Memperbaiki produktiftas dari pengetahuan pegawai
Tipe - tipe User Interface
  • User interface bahasa alamiah (ideal bagi user yang tidak berpengalaman)
  • User interface pertanyaan & jawaban (adanya perbedaan bahasa antara komputer & manusia sehingga diperlukan penerjemahan yang mampu menerjemahkan 2 arah)
  • User interface menu - menu (menyediakan tool - tool yang memudahkan dalam memilih dan menjalankan perintah)
  • User interface Formulir isian (tampilan pada layar yang mencerminkan struktur data masukan yang diperlukan oleh sistem, kejelasan perancangan & penyajian secara visual pada layar, derajat kebenaran dan kehandalan penerimaan data masukan oleh program lewat berbagai fasilitas permasukan data yang ada)
  • User interface Bahasa perintah (memberi kemudahan kepada user untuk mengontrol suatu aplikasi dengan serangkaian tekanan tombol, perintah - perintah, fase atau beberapa rangkaian dari 3 metode ini.
  • User interface GUI (memungkinkan adanya manipulasi langsung pada tampilan grafis di layar, yang dapat diselesaikan dengan inputan dari keyboard, joystick atau mouse.

0 komentar:

Chat With Me

Visitor

hit counter
http://www.dreambingo.co.uk/